15+ Contoh Kata Pengantar Skripsi, Proposal, Makalah & Laporan KKN Lengkap

Contoh kata Pengantar – Contoh Kata Pengantar tentu bukanlah hal yang asing bagi seseorang yang dalam kesehariannya kerap bergelut dengan yang namanya karya tulis Ilmiah. Adapun bentuk dan wujud karya tulis ilmiah sendiri cukup beragam, di antaranya adalah skripsi, tesis, disertasi, novel dan lain sebagainya.

Dan semua jenis karya tersebut membutuhkan yang namanya kata pengantar. Di dalam membuat suatu karya tulis, kata pengantar sendiri merupakan komponen yang amat penting dan utama. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan adanya kata pentantar dalam karya ilmiah yang sedang dibuat.

Dengan tidak mencantumkan kata pengantar di dalamnya, maka karya tulis Anda tentu saja kurang lengkap dan juga kurang baik. Sebagaimana namanya, kata pengantar adalah sebuah halaman di dalam karya tulis yang isinya adalah ucapan dari penulis karya atas rampungnya karya yang sudah ia buat.

Entah di dalamnya berisi ungkapan syukur, terima kasih, tujuan dan juga manfaat dari ditulisnya karya ilmiah tersebut. Juga tak lupa adanya himbauan akan suatu kritik dan juga saran yang membangun. Tidak sebatas itu, umumnya kata pengantar di dalamnya berisi suatu penjelasan. Dan juga pengharapan yang berkaitan dengan tema yang diangkat oleh penulis di dalam makalah atau karya yang ia buat.

Contents

Fungsi Kata Pengantar

source: Skipnesia.com

Di dalam suatu karya tulis, baik itu berbentuk buku pelajaran, biografi, novel dan berbagai jenis buku yang lain. Anda tentu saja kerap menjumpai kata pengantar di dalamnya. Selain kata pengantar, ada juga bagian lain di dalam sebuah karya ilmiah misalnya daftar isi dan lain sebagainya yang kesemuanya. Itu memiliki pengaruh terhadap karya yang sudah dibuat.

Adapun sisi penting yang lain untuk suatu kata pengantar adalah untuk menunjukkan suatu rasa hormat. Dari penulis kepada para pembaca yang membaca karya tulis tersebut. Dan hal penting yang harus diingat dalam sebuah kata pengantar adalah di dalam pembuatannya harus menggunakan bahasa yang baku dan memakai kalimat yang efektif.

Hal itu bertujuan agar pembaca yang membaca tulisan Anda bisa memahami tulisan tersebut dengan lebih mudah. Orang yang pandai dalam hal merangkai kata biasanya sangat gemar membaca sehingga ia tidak akan merasa sulit untuk membuat sebuah karya tulis, termasuk membuat kata pengantarnya.

Dengan demikian, bisa dipahami bahwa sesungguhnya kata pengantar itu sendiri amatlah penting di dalam sebuah karya tulis. Dan tanpa adanya kata pengantar tersebut, maka karya tulis Anda akan terasa kurang.

Struktur Kata Pengantar

source: Bagi-in.com

Kata pengantar sendiri tidaklah berdiri sendiri sebagai sebuah karya. Melainkan ia terdiri dari beberapa struktur yang membentuknya. Berikut ini adalah beberapa struktur kata pengantar yang terdiri dari pembukaan, bagian isi dan penutup. Untuk ulasan selengkapnya, simak penjelasan berikut ini:

  • Pembukaan

Di bagian pembukaan ini biasa terdiri dari paragraf pertama dan juga kedua. Secara umum, isi dari pembukaan ini adalah ungkapan syukur dari penulis baik itu dari individu atau-pun tim penyusun atas selesainya karya ilmiah yang sudah dibuat.

Di Indonesia, biasanya ungkapan terima kasih diletakkan pada bagian pembukaan yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa sejalan dengan kepercayaan masing-masing. Misalnya jika agama penulis adalah Islam, maka ungkapan rasa terima kasihnya akan dihaturkan kepada Allah Swt.

Sesudah ungkapan syukur, biasanya itu akan dilanjutkan dengan ungkapan terima kasih kepada orang yang sudah membantu jalannya. Atau-pun proses selama penelitian berlangsung sehingga jadilah karya tulis tersebut. Adapun urutan pihak-pihak yang bersangkutan secara umum adalah berdasarkan pada besarnya kontribusi serta pengaruh orang tersebut di dalam proses pembuatan karya tulis.

Misalnya saja Anda akan membuat makalah untuk tugas kuliah. Maka nama pertama yang akan disebutkan di dalam kata pengantar biasanya adalah ucapan terima kasih kepada guru kelas atau dosen yang memberikan tugas tersebut. Serta sudah itu menyebutkan pihak-pihak lain yang juga memiliki andil atau kontribusi dalam pembuatan makalah.

  • Isi

Komponen atau struktur dari kata pengantar selanjutnya adalah isi. Pada bagian isi ini diberikan gambaran mengenai isi dalam karya tulis yang sudah Anda buat. Umumnya, untuk bagian isi ini akan dimulai dengan adanya penyebutan judul dari karya ilmiah tersebut.

Kemudian dijelaskan juga sedikit mengenai pembahasannya dan bagaimanakah penulis menuliskan hasil penelitian tersebut di dalam karya tulis. Dalam hal ini, usahakan Anda tidak terlalu detail di dalam menggambarkan bagian ini.

Hal itu disebabkan karena dengan penjelasan yang terlalu detail Hal ini akan menjadikan kata pengantar Anda terlalu panjang. Oleh karena itu, Anda hanya cukup menjelaskan sekilas saja tentang isi dari karya tulis tersebut. Yang Anda buat agar pembaca memperoleh gambaran sekilas mengenai inti dari karya Anda.

  • Penutup

Selain isi, struktur ketiga dari kata pengantar adalah penutup. Penutup di sini biasanya akan berisi permohonan maaf  yang ditujukan kepada para pembaca jika di kemudian hari terdapat kesalahan dari karya tulis yang telah dibuat.

Hal ini lahir dari kesadaran bahwa setiap karya tulis atau penelitian yang dilakukan oleh seseorang. Tentu saja tidak bisa luput dari kesalahan dan pasti memiliki kekurangan tersendiri. Permohonan maaf di sini sangat penting untuk dituliskan karena penulis karya.

Dan sangat mungkin tidak bertemu atau bertatap muka secara langsung dengan pembaca satu per satu. Sehingga, jika ada kesalahan yang terdapat di dalam karya tersebut, setidaknya Anda telah meminta maaf melalui kata pengantar yang dibuat.

Kemudian, di dalam penutup ini juga dicantumkan harapan Anda. Untuk harapan sendiri bisa dituliskan mengenai beberapa pandangan dari penulis secara lebih lanjut mengenai tema yang diangkat di dalam karya Anda. Sehingga, tema atau topik tersebut nantinya masih bisa dijadikan sebagai karya baru dengan sudut pandang yang berbeda.

Cara Menulis Kata Pengantar

source: google

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai kata pengantar. Maka sangat penting sebenarnya untuk mengetahui tentang bagaimana cara untuk menulis kata pengantar itu sendiri sehingga ia bisa menjadi kata pengantar yang baik dan benar.

Hal ini sangat penting untuk dipelajari supaya Anda tidak begitu tergantung dengan kepada contoh kata pengantar yang akan dituliskan di dalam artikel ini. Dan tentu saja kata pengantar Anda diharapkan yang benar-benar orisinil dari Anda.

Sejak awal memang sangat perlu untuk ditegaskan. Bahwa sesungguhnya kata pengantar itu adalah curahan hati dari seorang penulis. Serta pemikiran yang dimiliki oleh sosok penulis bagi para pembaca yang membaca karya tersebut.

Dan sebenarnya, metode untuk menuliskan kata pengantar sendiri tidak jauh berbeda dengan struktur yang ada di dalam kata pengantar. Untuk kata pengantar sendiri, sebaiknya pada bagian awalnya Anda menyertakan ungkapan rasa syukur. Disertai juga pujian kepada Tuhan yang Maha Esa.

Misalnya saja kalimat: Puji syukur, Alhamdulillah dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Sesudah itu, Anda bisa memberikan sedikit penjelasan tentang materi dari karya tulis yang Anda angkat. Dan jangan lupa untuk mencantumkan tujuan dan juga maksud dari pembuatan karya tulis tersebut.

Di samping itu, yang tidak kalah penting juga adalah ungkapan terima kasih terhadap pihak dan orang-orang yang membantu di dalam pembuatan karya tulis tersebut. Misalnya saja ucapan terima kasih kepada dosen, guru, teman, sahabat, keluarga dan lain sebagainya.

Tidak sebatas itu, Anda juga bisa menuliskan berbagai harapan yang ada melalui karya yang sudah dibuat tersebut. Selanjutnya, pada bagian akhir Anda tidak boleh lupa untuk menuliskan ungkapan permohonan maaf. Yaitu atas karya tulis Anda yang ditujukan kepada segenap pembaca.

Tujuannya adalah agar mereka lebih bersedia untuk memberikan saran dan juga kritik tentang karya yang telah Anda buat. Membahas tentang kata pengantar, tentu akan kurang rasanya jika tidak beralih kepada contoh dari kata pengantar itu sendiri.

Dengan adanya contoh nyata, maka seseorang tentu tidak hanya akan membayangkan. Namun akan benar-benar mengerti bahasa serta model dari kata pengantar itu sendiri. Nah, untuk itu berikut akan diulas mengenai beberapa contoh kata pengantar yang bisa dijadikan sebagai rujukan Anda.

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik

source: huffington post

Contoh kata pengantar berikut ini adalah untuk kata pengantar makalah yang baik dan benar. Dengan mengetahui contohnya, maka Anda akan semakin mudah dalam membuat kata pengantar.

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji hanya bagi Allah yang senantiasa memberikan segala kemudahan sehingga kami dapat menuntaskan makalah ini dengan baik tepat pada waktunya. Tanpa adanya pertolongan dari Dzat Yang Maha Menolong. Tentu saja kami tidak bisa menyelesaikan makalah ini dengan sangat baik.

Shawalat dan juga salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi akhir zaman tercinta kita. Yaitu Nabi Muhammad Saw yang senantiasa kita nantikan syafa’at beliau di hari akhir.

Penulis tak pula mengungkapkan syukur kehadirat Allah Swt atas segala limpahan nikmatNya sehingga kami bisa selalu sehat baik dari sisi fisik ataupun dari sisi fikiran.Dengan karuniaNya tersebut, maka pembuatan tugas akhir berupa makalah untuk mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama yang judulnya “Kanker dan Pengobatannya”.

Penulis sadar bahwa makalah ini amatlah jauh dari kesempurnaan. Masih begitu banyak kekurangan di sana sini yang perlu perbaikan. Oleh karena itu, kritik dan juga saran dari para pembaca makalah ini akan sangat kami harapkan. Agar nantinya makalah sederhana ini bisa menjadi sebuah makalah yang lebih baik lagi dan benar-benar bisa memberikan kontribusi pengetahuan di Negara ini.

Demikian, apabila dalam membuat makalah ini penulis melakukan banyak kesalahan, maka penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.Tak lupa penulis juga mengucapkan beribu terima kasih kepada seluruh pohak khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bapak Suhadi yang senantiasa membimbing kami di dalam menuliskan tugas makalah ini.

Demikianlah, semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk semua orang dan bagi pembaca khususnya.

Malang, 23 September 2018

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

source: the foghorn news

Contoh kata pengantar yang selanjutnya adalah kata pengantar makalah agama, berikut ulasan lengkapnya.

KATA PENGANTAR

Segala puji semoga selalu terlimpahkankehadirat Allah Swt yang hingga detik ini masih saja melimpahkan rahmat dan kasih sayangNya kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini yang diberi judul, “Adab kepada Ustadz dan Guru”.

Tak lupa kami ucapkan shalawat serta salam kepada junjungan kita bersama, Nabi Agung Muhammad Saw yang berjuang menyampaikan petunjuk Allah untuk kita semua yang merupakan suatu petunjuk paling benar berupa agama Islam yang paling sempurna dan menjadi karunia terbesar untuk semua alam semesta.

Selanjutnya, dengan sangat rendah hati kami memohon kritik dan juga sarannya kepada para pembaca yang membaca makalah ini agar kami bisa memperbaikinya di kemudian hari.Karena kami begitu menyadari bahwa makalah yang berhasil kami buat ini tidaklah luput dari berbagai permasalahan dan kekurangan.

Kami juga mengucapkan beribu terima kasih kepada semua pihak yang senantiasa mendukung serta membantu kami selama proses pembuatan makalah ini sehingga berhasil diselesaikan. Demikianlah yang bisa kami haturkan dan kami berharap agar makalah ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.

Surabaya, 12 September 2018

Penyusun

Contoh kata Pengantar Makalah PKN

source: jadi berita

Selanjutnya akan diulas mengenai contoh kata pengantar makalah PKN yang sangat cocok untuk dijadikan rujukan dan bahan pembelajaran.

KATA PENGANTAR

Ungkapkan Alhamdulillah semoga senantiasa dilantunkan kepada Allah hingga detik ini sehingga kita masih bisa merasakan nikmat iman, Islam dan ihsan sehingga diberikan kesempatan yang amat luar biasa untuk menyelesaikan penulisan makalah mengenai “Hak dan Kewajiban Siswa Indonesia Menurut UUD 1945”.

Shawalat dan juga salam semoga senantiasa dihaturkankehadirat Nabi Agung kita Nabi Muhammad Sawt yang telah menjembatani petunjuk Allah untuk semua umat dan menjadi petunjuk terbaik berupa syari’at Islam bagi seluruh alam semesta.

Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Di karya ini akan diulas mengenai beberapa hal yang meliputi pengertian hak, pengertian kewajiban, pengertian warna Negara, asas kewarganegaraan dan tidak lupa pula mengenai hak dan kewajiban siswa Indonesia berdasarkan pada UUD 1945.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi di dalam proses penyelesaian karya ilmiah ini. Besar harapan kami agar karya ini memberikan manfaat untuk pembaca.

Tidak lupa pula dengan segenap kerendahan hati kami memohon kesediaan para pembaca untuk memberi kritik dan juga saran yang dapat membangun penulisan makalah ini supaya di kemudian hati kami bisa memperbaiki karya ini menjadi lebih baik lagi.

Malang, 13 September 2018

penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

source: ayo belajar

Di bawah ini adalah contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia yang bisa dijadikan sebagai rujukan Anda.

KATA PENGANTAR

Ungkapan puji syukur kepada Allah Swt senantiasa kami haturkan karena atas segala nikmat dan hidayahNya, kami masih diberi kesempatan yang luar biasa untuk menyelesaikan tugas penulisan makalah mengenai “Pemanfaatan dari Limbah Plastik”.

Shalawat dan juga salam semoga senantiasa dihaturkan kepada Junjungan dan Nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita semua dari kegelapan Islam menuju kemenangan yaitu dengan ajaran dan tuntunan Islam itu sendiri sehingga kini benar-benar bisa menjadi satu-satunya karunia terbesar di belahan dunia.

Ungkapan terima kasih tak lupa kami haturkan kepada Ibu Dr. Ida Nurwahuni yang merupakan dosen mata kuliah Teknik Industri Unila yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami untuk merampungkan makalah ini secara tepat waktu.

Kami sangat berharap dengan penuh kesungguhan agar makalah ini dapat memberikan manfaat di dalam meningkatkan pengetahuan dan juga wawasan mengenai dampak yang diakibatkan oleh adanya sampah.Dan juga bisa memberikan bimbingan mengenai bagaimana langkah yang dapat dilakukan untuk mengolah sampah-sampah tersebut menjadikan sesuatu yang memiliki daya guna di tengah masyarakat.

Di samping itu, kami sangat menyadari bahwa makalah ini amat jauh dari kesempurnaan dan memiliki banyak kekurangan.Oleh sebab itu, kritik dan juga saran dari segenap pembaca sangat kami harapkan agar makalah yang kami susun ini bisa direvisi di kemudian hari.

Akhirnya, kami berharap agar makalah yang sangat sederhana ini bisa dipahami dan dimengerti oleh semua pihak yang membacanya.Kami juga memohon maaf jika di dalam makalah ini ada banyak perkataan yang tidak berkenan di hati para pembaca.

Surabaya, 11 Mei 2018

Penyusun

Contoh kata Pengantar Makalah Sejarah

source: google sites

Berikut ini adalah contoh dari kata pengantar makalah sejarah yang bisa dijadikan sebagai rujukan Anda saat memenuhi tugas makalah sejarah.

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur memang hanya dipanjatkankehadirat Allah SWT.Semua hanya milikNya dan hanya kepadaNya lah kami mengucapkan syukur.Dan kami senantiasa memohon ampunan kepadaNya dan juga memohon segenap pertolongan atas semua rintangan dan masalah yang kami hadapi.

Shalawat dan juga salam tak lupa kami sampaikan kepada Junjungan kita nabi Muhammad Saw yang telah memberikan petunjuk kepada kita semua dengan sebenar-benarnya petunjuk. Dia juga merupakan Nabi yang memperjuangkan nilai-nilai luhur kebaikan di alam semesta ini sehingga kita bisa tetap berdiri dalam keadaan iman, Islam dan ihsan.

Dengan mengharap segenap pertolongan dariNya kami bisa menyelesaikan tugas makalah kami yang berjudul “Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia” dengan lancar dan tanpa kendala apapun.Kami sangat menyadari dengan segenap hati bahwa makalah yang kami susun memiliki banyak kekurangan.

Oleh karena itu, kami sangat mengharap kritik dan juga saran yang tentunya membangun dari para pembaca sekalian sebagai bahan evaluasi kami untuk penulisan makalah selanjutnya serta untuk perbaikan makalah ini.Kami juga brharap semua itu bisa meningkatkan kualitas makalah yang kami buat.

Jakarta, 10 Agustus 2018

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Hukum

source: Law Firm As-Syiroj

Selanjutnya adalah contoh kata pengantar hukum yang biasa digunakan oleh para akademisi atau praktisi hukum.Untuk contoh detailnya adalah sebagai berikut.

KATA PENGANTAR

Tidak ada yang lebih indah melainkan ungkapan syukur kehadirat Allah Swt karena dengan segala rahmat, taufiq dan hidayahnya kepada kita semua, makalah tentang “Penerapan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perkosaan Terhadap Anak” bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Sekalipun kami sangatlah menyadari bahwa di dalam makalah ini terdapat banyak sekali kesalahan.Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dr. ChorulAnam, SH yang sudah membimbing dan juga memberikan tugas ini kepada kami semua.

Kami amat berharap bahwa dengan adanya makalah ini, maka bisa memberikan suatu manfaat dan juga pendidikan tentang tindak pidana perkosaan yang tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga merugikan korbannya. Selain itu, dengan adanya makalah ini diharapkan nantinya bisa memberikan edukasi terkait hukuman bagi pelaku.

Yang mana melakukan tindak perkosaan tersebut kepada anak-anak, terlebih untuk yang ada di bawah umur. Akan tetapi tetap saja tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam penyusunan makalah ini adalah berbagai kesalahan dan juga kekurangan di dalamnya.

Maka dari itu, kami sangat berharap kritik dan juga saran dari segenap pembaca sehingga makalah ini bisa segera diperbaiki dan memberikan hasil yang lebih baik lagi. Demikian yang bisa kami sampaikan.Semoga makalah sederhana ini bisa memberikan manfaat.Sekali lagi kami sangat mengharap adanya kritik saran kepada pembaca karena makalah ini sangat jauh dari sempurna.

Blitar, 30 Mei 2018

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

source: Kampusgw.com

Selanjutnya adalah contoh kata pengantar laporan magang yang bisa Anda jadikan rujukan setelah magang di suatu tempat untuk pemenuhan tugas.

KATA PENGANTAR

Puji syukur hanya kepada Allah SWT yang kepadaNya lah kami memuji dan memohon pertolongan serta ampunan. Dia senantiasa memberikan kekuatan dan juga kesehatan sehingga laporan magang kami dengan judul “Program Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (UPEM) Seksi Upaya Pemberdayaan Masyarakat Bagian Pembinaan dan Pengendalian Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan provinsi Jawa Timur” ini bisa selesai dengan tepat waktu.

Tidak lupa kami haturkan shalawat dan juga salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw yang telah memberikan bimbingan kepada umatnya dengan ajaran terbaik. Juga memperjuangkan umatnya dengan penuh darah dan keikhlasan.Sehingga kita bisa menikmati dunia ini dalam keadaan iman, Islam dan ihsan.

Ungkapan terima kasih sebanyak-banyaknya tak lupa kami sampaikan kepada semua pihak. Yang senantiasa mendukung dalam proses penyelesaian laporan magang ini. Kami sangat berharap laporan ini dapat memberikan manfaat untuk segenap pembaca.

Di samping itu, kami sangat menyadari bahwa di dalam laporan ini tentu saja ada banyak sekali kekurangan bahkan amat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan juga saran yang membangun dari pembaca. Sehingga laporan ini bisa kami perbaiki di kemudian hari. Karena sekali lagi kami sangat manyadari banyaknya kekurangan di dalam laporan ini.

Terakhir, semoga laporan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk seluruh pihak khususnya untuk semua pembaca.

Tulungagung, 21 Mei 2018

penyusun

Contoh kata pengantar Laporan Praktikum Fisika

Keshet Media Group

Berikut ini adalah contoh kata pengantar laporan praktikum Fisika yang bisa dijadikan sebagai rujukan.Laporan ini hanya digunakna oleh Anda yang menjalani praktikum Fisika khusus.

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur semoga selalu terpanjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan kenikmatan iman, Islam dan juga ikhsan. Kepada kita semua sehingga kita bisa menjalankan ibadah dengan baik. Tak lupa ungkapan syukur karena kami telah diberikan kesehatan. Dan juga kesempatan terbaik untuk menyelesaikan laporan percobaan yang berjudul “Pemanfaatan Hukum Fluida pada Sistem Irigasi Pertanian” dengan baik dan juga tepat pada waktunya.

Shalawat dan juga salam tidak lupa kami haturkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad Saw yang telah memberikan petunjuk dan juga ajaran terbaik di dalam kehidupan ini. Nabi yang menghabiskan hidupnya demi perjuangan dan ilmu pengetahuan.Semoga kita senantiasa masuk ke dalam golongannya yang shalih.

Penyusunan laporan percobaan ini bertujuan untuk menemukan rumus yang terbaik supaya sistem perairan modern bisa diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga untuk menunjukkan faktor apa saja yang memiliki pengaruh terhadap sistem irigasi modern sehingga aplikasinya menjadi lebih maksimal.

Di dalam melakukan percobaan ini, tentu saja banyak rintangan dan masalah yang kami hadapi. Oleh karena itu, untuk semua pihak yang membantu dan memberikan kontribusi terhadap proses pembuatan laporan ini kami sampaikan beribu terima kasih. Khususnya kepada guru mata pelajaran Fisika kami yang senantiasa membina dan juga memberikan dukungan kepada kami dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Di samping itu, kami juga sangat menyadari bahwa laporan percobaan yang kami berikan ini memiliki kekurangan dan sangat jauh dari yang namanya sempurna.Oleh karena itu, kami sangat mengharap kritik serta saran dari para pembaca sangat kami harapkan supaya laporan tersebut bisa kami perbaiki.Terakhir, semoga laporan percobaan ini memberikan manfaat.

Blitar, 25 Mei 2018

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

source: Indonesia Corruption Watch

Kata pengantar laporan PKL dibutuhkan ketika Anda sedang membuat laporan usia menjalankan KKN. Berikut adalah contoh kata pengantar laporan PKL yang baik dan benar untuk dijadikan rujukan.

KATA PENGANTAR

Ungkapan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayahNya kepada kita semua sehingga bisa mendapatkan kekuatan dan juga kesabaran untuk menyelesaikan Praktik Kerja Lapangan dan menyusun sebuah laporan PKL yang berjudul “Pembuatan Hanger Bearing C/W Bronze Bushing untuk Screw Convery Pabrik Tebu Gula Lewat Tahapan Pengecora Logam di CV Kemayoran”.

Shalawat beserta salam semoga senantiasa tersanjungkan kepada junjungan kita semua Nabi Muhammad Saw yang telah membawa umat manusia dari jaman jahiliah menuju jaman yang terang benderang yaitu agama Islam yang menjadi agama terbaik dan sempurna sejak dahulu hingga hari ini.

Penulis sangat menyadari bahwa kegiatan PKL beserta pembuatan laporanya bisa diselesaikan dengan tepat waktu karena adanya dukungan dan bantuan dari semua pihak.Dan kami juga menyadari bahwa laporan PKL kami banyak kelemahan bahkan jauh dari kata sempurna.Oleh karenanya, kami sangat memohon masukan dan juga kritikan dari para pembaca agar kami bisa memperbaiki laporan ini ke depannya.

Terakhir, semoga laporan ini bermanfaat untuk semua pihak, khususnya bagi para pembaca.

Malang, 23 September 2018

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Singkat

source: penulis cilik

Selain beberapa contoh yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah contoh kata pengantar singkat yang bisa dijadikan sebagai acuan pembuatan kata pengantar.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’alamin, puja dan puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang senantiasa memberikan rahmat, taufiq serta hidayahnya kepada kita semua. Sehingga kita bisa tetap dalam keadaan iman dan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Shalawat dan juga salam semoga selalu tercurahkan kepada panutan kita, Nabi Muhammad Saw. Yang telah memberikan bimbingan kepada kita semua dan kita nantikan syafaatnya di akhir nanti.

Penulis mengungkapkan syukur kepada Allah karena atas nikmatnya dan pertolongan kekuatan dariNya. penulis dapat menyelesaikan makalah untuk tugas akhir untuk mata Kuliah Hukum Acara Pengadilan Agama yang berjudul “Prosedur Pengajuan Gugatan”.

Penulis amat menyadari bahwa makalah yang kami susun ini sangatlah jauh dari kesempurnaan.Di dalamnya juga terdapat banyak sekali kekurangan.Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan juga saran dari pembaca agar nantinya makalah ini bisa menjadi lebih baik dan sempurna lagi. Demikian, jika ada banyak kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Yogyakarta, 12 April 2018

Contoh Kata Pengantar Skripsi

source: sijai

Selanjutnya adalah contoh kata pengantar skripsi dimana kata pengantar ini untuk karya skripsi yang menjadi tugas akhir untuk kuliah Anda.Adapun contohnya adalah sebagai berikut.

KATA PENGANTAR

Ungkapan syukur semoga selalu terpanjatkankehadirat Allah SWT yang telah memberikan anugerahnya kepada kita semua sehingga penulis senantiasa diberkan kesabaran untuk menyelesaikan laporan skripsi yang berjudul “Kiat Meningkatkan serta Mengembangkan Bahasa Melalui Media Kartu Bergambar di Taman Kanak-Kanak PGRI”.

Pembuatan skripsi ini ditujukan untuk memenuhi satu dari beberapa ketentuan kelulusan jenjang kuliah Strata 1 Universitas Indonesia Bogor. Penyusunan skripsi ini tentu tidak luput dari berbagai hambatan yang ada di dalamnya.Banyak kesulitan yang penulis hadapi.

Oleh karena itu, penulis mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga penulis bisa mengatasi permasalahan tersebut. Penulisan skripsi ini tentunya memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna.

Baik itu dari sisi kualitas hingga kuantitasnya dari bahan observasi yang ditampilkan.Dan dengan segenap hati, penulis amat menyadari bahwa skripsi ini memiliki banyak keterbatasan dan juga kekurangan. Maka dari itu, kritik dan juga saran yang membangun dari para pembaca sangat kami harapkan sehingga nantinya ini bisa menjadi skripsi yang jauh lebih baik lagi.

Selanjutnya, ucapan terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik berupa dorongan, doa dan berbagai hal untuk proses penyelesaian skripsi ini. Terakhir, penulis berharap semua bantuan dan dukungan tersebut dapat menjadi ladan kebaikan. Dan semoga skripsi yang penulis susun ini bisa memberikan manfaat dan memberikan kontribusi untuk kemajuan pendidikan usia dini.

Malang, 12 September 2018

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Study Tour

source: ziqtrip

Kata pengantar Study Tour diperlukan ketika Anda sedang tour ke suatu tempat dan lembaga meminta Anda untuk membuat laporan Study Tour. Berikut ini adalah contoh kata pengantar study tour yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

KATA PENGANTAR

Tidak ada kata yang lebih indah untuk diungkapkan melainkan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah memberikan karunia dan juga nikmat-Nya kepada kita sehingga kita bisa membuat laporan study tour dengan tema “Pesona Indah Pulau Lombok” ini dengan tepat waktu sesuai dengan rencana dan target yang telah ditentukan.

Laporan mengenai study tour yang sangat sederhana dan juga singkat ini kami susun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia oleh guru kami yang bernama Bapak Dr. Wahyudi, M.Hum. laporan tentang study tour ini tentu saja tidak akan bisa selesai tanpa adanya bantuan dan juga dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada:

  1. Allah Swt yang telah melimpahkan kekuatan serta ridhoNya kepada kami, sejak awal mulainya acara study tour hingga pembuatan laporan ini berhasil diselesaikan.
  2. Kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 Kota Blitar seluruh guru yang mendampingi dan memberikan bekal kepada kami sehingga kami dapat mengetahui apa yang boleh dan apa yang tidak boleh.
  3. Kedua orang tua yang sellau memberikan dukungan serta doanya baik secara moril ataupun secara material kepada anak-anaknya, sehingga anak-anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang layak.
  4. Semuan teman-teman SMA Negeri 1 Blitar dan seluruh pihak yang tentu saja tidak dapat kami se utkan satu per satu yang telah mendukung dan juga memberi motivasi kepada kami.

Tentu saja tidak ada yang namanya gading yang tidak retak. Demikian juga laporan study tour kami ini. Maka dari itu, kami sebagai penulis menyadari dengan sepenuhnya bahwa laporan ini banyak kekurangan dan amat jauh dari yang namanya kesempurnaan.

Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan juga saran dari semua pembaca. Dan semua masukan akan kami terima dengan senang hati. Karena itu semua akan dapat kami jadikan sebagai pelajaran di masa yang akan datang untuk menjadi lebih baik lagi.

Semoga adanya laporan Study tour ini dapat memberikan manfaat untuk semuanya dan bisa meningkatkan kemajuan serta martabat bangsa Indonesia.

Blitar, 12 Mei 2018

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan KKN

source: Saat Santai

Contoh kata pengantar laporan KKN ini dibutuhkan untuk Anda yang kebetulan membuat laporan KKN. Kata pengantar jenis ini tentu saja berbeda dengan kata pengantar yang lainnya. Berikut contoh lengkapnya.

KATA PENGANTAR

Ungkapan syukur tak lupa kami haturkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat dan juga hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kehiatan KKN bisa berjalan dengan sangat lancar beserta laporan kegiatannya. Dan dengan bantuan dari Allah juga, laporan KKN ini bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

Sholawat dan juga salam semoga tetap terhaturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang memberikan suri tauladan terbaik kepada para umatnya sehingga kita dapat meniru kesungguhan serta kegigihan beliau di dalam berjuang untuk kebaikan.

Pada kesempatan kali ini, kami tidak lupa mengungkapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu untuk kesuksesan jalannya KKN beserta pembuatan laporannya. Di antaranya adalah:

  1. Rektor Universitas Negeri Malang
  2. Dekan Fakultas Pendidikan
  3. Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang senantiasa memberikan dukungan kepada kami selama ini.
  4. Pembimbing KKN kelompok 5
  5. Masyarakat desa Sukoharjo yang selalu aktif di dalam seluruh agenda kami.
  6. Semua jajaran pemerintah desa Sukoharjo
  7. Seluruh pihak yang membantu kesuksesan jalannya KKN 2018 berikut penyusunan laporannya

Seluruh kegiatan KKN ini sengaja disusun berdasarkan apa yang sudah kami kerjakan selama periode KKN di desa Sukoharjo dalam jangka waktu 40 hari. KKN ini menjadi salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan juga menjadi salah satu syarat kelulusan program Sarjana S1 yang harus diikuti oleh semua mahasiswa.

Di dalam perancangan dan penyusunan laporan ini, tentu saja terdapat banyak kekurangan di dalamnya. Oleh karena itu, segala bentuk kritik dan juga saran yang konstruktif sangat kami harapkan. Sehingga laporan ini bisa diperbaiki dan memberikan manfaat kepada para pembaca.

Malang, 13 September 2018

Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Proposal

source: Bplans Blog

Berikut ini akan diulas mengenai contoh dari kata pengantar proposal dimana dibutuhkan ketika Anda akan membuat sebuah proposal. Untuk contoh detailnya adalah berikut ini.

KATA PENGANTAR

Ungkapan syukur sudah selayaknya kita haturkan kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmatNya kepada kita semua sehingga proposal usaha yang dibuat ini berhasil disusun dengan baik sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Jenis usaha yang kami jalankan adalah usaha rumah makan khas Padang. Ada banyak orang yang gemar mengkonsumsi masakan Padang sehingga akan sangat cocok jika usaha satu ini dijalankan. Akan tetapi, untuk mendirikan usaha tersebut, dibutuhkan biaya yang tentu saja tidak sedikit.Oleh karena itu, kami mengajukan proposal ini kepada Bapak/Ibu sekalian.

Kami sangat berharap agar proposal ini dapat memberi manfaat khususnya kepada kami selaku pemohon. Kami amat menyadari bahwa hadirnya proposal ini bukan berarti ia sangat sempurna dan terlepas dari masukan, sehingga kritik dan saran dari Bapak dan Ibu sangat kami harapkan dan tentu saja kami akan sangat terbuka untuk hal itu.

Jawa Tengah, 12 Agustus 2018

Pemohon

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

source: satujam

Kata pengantar karya ilmiah digunakan untuk berbagai jenis karya ilmiah, mulai dari jurnal, artikel, makalah, skripsi dan masih banyak lagi yang lainnya. Kata pengantar untuk karya ilmiah di sini sebaiknya dibuat dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Berikut contoh lengkapnya.

KATA PENGANTAR

Dengan memohon segala rahmat dan juga ridho dari Allah dan tak lupa mengucapkan syukur atas semua karunia dan limpahan rahmatNya, kami telah diberikan kekuatan untuk penyusunan karya ilmiah dengan judul “Peran Remaja di Dalam Pembangunan Bangsa”.

Penyusunan karya ilmiah ini tertujuan untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia yang diajar oleh Ibu Dr. Salamah, S.Pd sebagai pembimbing pembuatan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan dan juga membantu semua proses pembuatan karya ilmiah ini. Dan akhirnya bisa selesai dengan baik dan tepat waktu.

Harapan kami amatlah besar bahwa karya ini mampu memberikan manfaat kepada seluruh pihak. Khususnya bagi semua pembaca untuk bisa meningkatkan wawasan tentang pentingnya menumbuhkan peran dari para pemuda untuk proses membangun Bangsa.

Sebagaimana sudah diketahui bersama bahwa saat ini bangsa kita sedang dalam kondisi kekurangan sumber daya manusia. Maka dari itu, karya ilmiah yang kami susun ini bisa dijadikan upaya untuk memberikan sedikit sumbangsih.  Tentang bagaimana seharusnya seorang pemuda menghadapi permasalahan bangsa ini.

Kami amat menyadari bahwa karya ini tentu saja jauh sekali dari kesempurnaan lantaran berbagai keterbatasan yang kami miliki. Sehingga berbagai saran dan juga kritik yang membangun sangat kami harapkan dalam penyempurnaan karya ilmiah ini.

Surabaya, 12 April 2018

Penyusun

Contoh kata Pengantar Buku

source: pexels

Contoh kata pengantar yang selanjutnya adalah kata pengantar buku. Kata pengantar ini ditujukan untuk Anda yang kebetulan menulis buku.Kata pengantar penulisan buku biasanya tidak terlalu basa basi dan langsung kepada pointnya. Berikut adalah contoh dari kata pengantar buku tersebut.

KATA PENGANTAR

Segala puji dan ungkapan syukur kami panjatkan kepada Allah Swt yang telah memberikan segala nikmatNya kepada kami sehingga berhasil menuliskan sebuah buku dengan judul “Panduan dalam Memahami Teori Kepribadian” ini bisa diselesaikan dengan tepat waktu tanpa adanya kendala.

Pengusunan buku ini sesungguhnya bertujuan untuk memudahkan seluruh mahasiswa Psikologi di dalam memahami berbagai teori mengenai kepribadian yang amat rumit. Berhasilnya penulisan buku ini tentu tidak hanya dari usaha penulis saja.

Melainkan ada banyak pihak yang ikut membantu dan juga memberi dukungan sehingga buku ini bisa sukses terbit tepat waktu. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang memberi dukungan baik itu secara moril ataupun material untuk kesuksesan penyusunan buku ini.

Buku ini tentu saja tak luput dari yang namanya kekurangan dan senantiasa terdapat celah untuk proses perbaikan. Oleh karena itu, berbagai kritik dan juga saran dari para pembaca amat kami harapkan supaya buku ini semakin lengkap dan sempurna.

Jakarta, 12 Mei 2018

Penulis

Itulah ulasan tentang contoh kata pengantar yang dapat dijadikan sebagai rujukan saat Anda akan membuat kata pengantar untuk berbagai keperluan. Dengan mengetahui berbagai contoh di atas, diharapkan Anda akan dapat membuat kata pengantar yang baik dan mudah dipahami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

15+ Contoh Kata Pengantar Skripsi, Proposal, Makalah & Laporan KKN Lengkap

2 pemikiran pada “15+ Contoh Kata Pengantar Skripsi, Proposal, Makalah & Laporan KKN Lengkap”

Tinggalkan komentar