11+ Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Sopan, Baik & Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri – Ketika seseorang akan keluar atau mengundurkan diri dari pekerjaan atau profesi yang sedang mereka jalani, maka biasanya akan mencari contoh surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri juga disebut dengan surat resign sesuai dengan bidang kerja yang sedang digeluti.

Seseorang yang mengundurkan diri dari pekerjaan yang sedang mereka geluti tentu saja bukan tanpa adanya alasan. Oleh karena itu, pengunduran diri perlu dilakukan dengan cara yang baik dan membuatnya dalam bentuk surat resmi.

Ada beragam alasan yang dimiliki seseorang mengapa ia memilih untuk mengundurkan diri. Ada yang memilih mengundurkan diri karena ada tawaran pekerjaan lain yang lebih menarik. Atau bisa juga karena ia merasa kecewa dengan pihak perusahaan.

Apapun alasan yang mendasari seseorang untuk mengundurkan diri, sebaiknya proses pengunduran diri tersebut dilakukan dengan baik dan sopan. Dan salah satu cara terbaik untuk mengundurkan diri adalah dengan menyerahkan surat pengunduran diri yang resmi melalui surat.

Mengajukan pengajuan surat pengunduran diri menjadi cara yang tepat saat seseorang ingin berhenti dari pekerjaan. Karena itu bisa mencerminkan bahwa seseorang tersebut memiliki atika dan moral yang baik dan itu artinya dia mau menghargai tempat kerjanya selama ini.

Tujuan dan Manfaat Surat Pengunduran Diri

source: CNBC

Pembuatan surat pengunduran diri bukan tanpa manfaat dan tujuan. Surat pengunduran diri atau surat resign adalah sarana menyampaikan niat untuk berhenti bekerja di pekerjaan tertentu kepada atasan secara resmi. Pada surat tersebut, tentu saja yang bersangkutan harus menyampaikan niat berhenti dari pekerjaan secara sopan dan santun disertai dengan alasan yang baik dan logis.

Di samping itu, sebaiknya disampaikan pula ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Meski mungkin saja alasan Anda untuk mengundurkan diri adalah karena tidak puas atau rasa kecewa atas perusahaan.

Nah, surat pengunduran diri memiliki tujuan dan manfaat tersendiri untuk diri Anda. Di antara manfaat dan tujuan surat pengunduran diri adalah sebagai berikut:

  • Menujukkan Bahwa Anda Merupakan Sosok yang Professional

Tujuan dan manfat dari surat pengunduran diri yang pertama adalah untuk menunjukkan kepada pihak perusahaan bahwa Anda adalah orang yang professional. Tidak peduli dengan alasan mengapa Anda mengundurkan diri, namun dengan menyampaikan niat kepada untuk berhenti dari pekerjaan secra resmi melalui surat pengunduran diri, maka Anda termasuk pribadi yang professional dan terhormat.

Dan pastinya, tiap perusahaan atau instansi tentu saja akan mau menghargai pekerja atau karyawannya yang keluar dari pekerjaan dengan cara terhormat. Hal tersebut tentu saja membantu menjaga nama baik Anda sebagai seorang karyawan yang memiliki tata krama yang baik.

  • Memberi Kesempatan Kepada Perusahaan untuk Mencari Pengganti Anda

Manfaat dari surat pengunduran diri yang selanjutnya adalah memberikan kesempatan kepada pihak perusahaan untuk menemukan pengganti Anda. Adapun untuk pengajuan surat pengunduran diri biasa diberikan oleh yang bersangkutan kepada perusahaan sebelum ia benar-benar berhenti bekerja. Pada posisi yang tertentu, surat resign biasanya harus diserahkan setidaknya satu bulan sebelum tanggal keluar dari pekerjaan.

Tujuan dari hal itu adalah supaya pihak perusahaan memiliki kesempatan untuk mencari karyawan pengganti dari yang mengundurkan diri tersebut. Dengan begitu, maka proses terima pekerjaan tersebut bisa berlangsung dengan sangat baik dan Anda pun tidak mendapatkan citra buruk dari tempat Anda bekerja.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

source: Open Colleges

Struktur dan konsep surat pengunduran diri sesungguhnya tidak berbeda jauh dengan surat lamaran kerja karena inti dari kedua surat tersebut adalah sama-sama berbentuk permohonan. Jika yang satunya adalah permohonan untuk diterima di pekerjaan atau jabatan tertentu, maka satunya adalah permohonan untuk berhenti dari pekerjaan atau jabatan tertentu.

Sebagaimana fungsinya, surat pengunduran diri sendiri bisa berupa surat pengunduran diri dari kerja, surat pengunduran diri dari organisasi, surat pengunduran diri dari jabatan, surat pengunduran diri dari mahasiswa dan lain sebagainya.

Agar surat pengunduran diri yang diajukan ke pihak perusahaan, maka dibutuhkan pembuatan surat pengunduran diri yang baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku. Oleh karena itu, supaya bisa memudahkan Anda, berikut ini adalah cara membuat surat pengunduran diri yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran Anda.

  • Menggunakan Bolpoint dengan Tinta Warna Hitam atau Biru

Biasanya, surat pengunduran diri dibuat dengan menggunakan tulisan tangan. Maka, sebaiknya Anda menggunakan bolpoint dengan tinta berwarna hitam atau biru ketika akan membuat surat lamaran kerja manual. Hal itu disebabkan karena tinta yang memiliki warna biru lebih memberikan kesan yang resmi.

Dan juga formal kepada pihak perusahaan. Dan untuk kesopanan, sebaiknya hindari menggunakan warna selain dua warna tersebut dalam menulis surat lamaran pekerjaan.

  • Memakai Bahasa Yang Sopan dan Santun

Cara membuat surat pengunduran diri selanjutnya adalah dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Selain itu, juga gunakan bahasa yang baik.Adapun bahasa yang baik sendiri adalah abhasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh semua orang. Dan dalam menulis surat pengunduran diri sebaiknya hindari penggunaan bahasa sehari-hari, terlebih penggunaan bahasa gaul.

  • Memakai Bahasa Resmi Sesuai EYD

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika membuat surat pengunduran diri adalah menggunakan bahasa yang resmi dan baik sesuai dengan EYD. Dalam membuat surat resmi seperti surat pengunduran diri, maka wajib hukumnya menggunakan bahasa yang resmi sesuai dengan EYD. Dalam hal ini Anda tidak bisa sembarangan menulis ejaan karena ada aturan tersendiri terkait ejaan.

  • Menyampaikan Maksud tanpa Bertele-tele

Cara membuat surat pengunduran diri yang selanjutnya adalah jangan bertele-tele ketika menyampaikan maksud Anda. Sesudah Anda menuliskan salam pembuka sebagai bentuk penghormatan, maka sebaiknya sampaikan maksud surat Anda secara langsung.

Dalam suratpengunduran diri, maka Anda bisa langsung menyampaikan permohonan untuk mengundurkan diri. Dalam menyampaikan maksud tersebut sebaiknya gunakanlah bahasa yang sopan, sederhana, dan juga santun. Dan tidak kalah penting untuk dicatat bahwa jangan sampai Anda mennyampaikan sesuatu yang bisa menyinggung pihak lain. Dan jangan lupa untuk mencantumkan alasan mengapa Anda berkeinginan untuk mengundurkan diri.

  • Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyampaikan ucapan terima kasih.Ucapan tersebut disebabkan karena kesempatan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan kepada Anda.Dan juga atas pengalaman berharga yang telah Anda dapatkan selama berada di perusahaan atau instansi tersebut. Tujuan dari ucapan terima kasih dalam surat pengunduran diri adalah sebagai bentuk penghargaan atas jasa mereka.

  • Menyelesaikan Tanggung Jawab

Setelah surat pengunduran diri Anda berhasil dikirim kepada pihak perusahaan, itu bukan berarti Anda sudah sepenuhnya lepas dari instansi tersebut. Anda masih memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas sampai batas waktu yang telah ditetapkan.Atau sampai tugas dan tanggung jawab Anda selesai.

Dalam hal ini, Anda juga perlu menyampaikan kesanggupanmu untuk menyelesaikan tugas terakhir dalam surat pengunduran diri. Hingga batas Anbda bekerja.Dan bisa juga Anda menuliskan bahwa sesudah Anda menyelesaikan tugas terakhir, maka masa kerja di perusahaan yang bersangkutan telah terhitung berakhir.

  • Sampaikan Harapan atas Perusahaan

Untuk cara membuat surat pengunduran diri selanjutnya adalah dengan menyampaikan harapan terhadap perusahaan. Ini memang bukan komponen yang wajib dalam surat pengunduran diri. Namun tentu saja tidak kalah penting untuk dicantumkan sebagai bentuk rasa cinta Anda kepada perusahaan yang pernah ditempati.

Dalam hal ini, biasanya akan disampaikan harapan supaya perusahaan menjadi semakin maju dan berkembang di kemudian hari. Selain bentuk rasa cinta, itu juga merupakan bentuk dari penghormatan Anda kepada instansi tersebut.

Pada intinya, dalam membuat surat lamaran kerja, Anda harus menggunakan bahasa yang resmi. Selain itu juga menggunakan bahasa yang sopan dan baik supaya pihak perusahaan juga bersedia menghargai Anda.

Format Surat Pengunduran Diri

source: admore-recruitment

Anda mungkin masih kebingungan mengenai bagaimana format umum dari surat pengunduran diri. Membuat surat pengunduran diri sebenarnya akan sangat mudah jika Anda mengetahui contohnya. Karena dengan adanya contoh, Anda hanya perlu mengganti nama dan juga instansinya untuk disesuaikan dengan diri Anda. Oleh karena itu, berikut ini adalah contoh format surat pengunduran diri yang resmi sebagai bahan acuan Anda.

Jakarta, 21 Agustus 2018

Kepada Yth.

HRD/ Kepala Bagian Personalia

PT Indah Sejahtera

Jl. Sudanco Supriadi, No. 45 Jakarta

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan kedatangan surat ini, saya menyatakan ingin mengajukan pengunduran diri dari PT Indah Sejahtera sebagai karyawan atas nama:

Nama:

Pendidikan:

No. Pegawai:

Alamat:

Tak lupa saya mengucapkan beribu terima kasih kepada PT Indah Sejahtera yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja dan bergabung di keluarga besar PT Indah Sejahtera selama kurang lebih 2 tahun.Ada banyak pengalaman berharga yang tentu saja tak terlupakan selama bekerja di sini.Karena itu, saya ucapkan terima kasih sekali lagi.

Selanjutnya, tak lupa saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh managemen PT Indah Sejahtera dan semua jajaran karyawan di dalamnya jika selama bekerja di PT Indah Sejahtera saya melakukan kesalahan, baik itu kesalahan yang disenjaga atau kesalahan yang tak disenjaga.

Semoga atas kebaikan yang diberikan PT Indah Sejahtera bisa menjadi perusahaan yang lebih baik dan berkembang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Nama Terang

 

Itu adalah contoh dari format surat pengunduran diri secara umum. Anda yang kebetulan ingin membuat surat pengunduran diri bisa menyalin teks di atas dan kemudian menuliskan ulang formatnya sesuai dengan tempat kerja masing-masing.

Jika diperlukan tambahan kolom, maka bisa ditambahkan.Atau jika dibutuhkan pengurangan, maka bisa dikurangi. Karena surat pengunduran diri sebenarnya memiliki banyak model. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan perusahaan Anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign

source: beyonder.asia

Membuat surat pengunduran diri memang tidak mudah. Ada aturan baku yang harus diikuti sehingga surat tersebut bersifat resmi sesuai kaidah yang berlaku. Namun, jika Anda sudah mempelajari surat pengunduran diri, maka sebenarnya itu tidaklah sulit.

Salah satu cara yang efektif untuk belajar surat pengunduran diri adalah dengan melihat contoh-contoh surat pengunduran diri. Berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Guru

source: Mid-Continent Public Library

Untuk contoh surat pengunduran diri yang pertama adalah surat pengunduran diri dari guru. Surat pengunduran diri jenis ini ditujukan untuk Anda yang kebetulan sedang menjadi guru dan ingin resign dari posisi tersebut. Surat pengunduran diri ini harus dibuat dengan bahasa yang resmi, baik dan benar.

Tujuannya agar pihak lembaga bisa menerima dengan baik keputusan Anda untuk mengundurkan diri. Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri dari guru untuk dijadikan sebagai rujukan.

Blitar, 12 Mei 2018

Kepada Yth.

Kepala Sekolah SMA 1 Kota Blitar

Jl. Pemuda, No 23 Kota Blitar

Hal: Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Susianah,S.Pd

Tempat, Tanggal Lahir: Blitar, 12 Agustus 1990

Jabatan: Guru IPA

NIP: 1272398329392878

Alamat: Jl. Bali, No 45 Kota Blitar

Secara resmi bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Guru Ilmu Pengetahuan Alam di SMA Negeri 1 Kota Blitar terhitung sejak hari Senin, 30 Mei 2018.

Tak lupa saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya sebagai salah satu pengajar di SMA Negeri 1 Kota Blitar. Dan saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran komite, guru dan juga staf di SMA Negeri 1 Kota Blitar apabila saya bekerja di sini terdapat hal-hal yang kurang berkenan dan banyak kesalahan yang saya lakukan, baik itu yang disengaja ataupun yang tak disenjaga.

Saya berharap ke depan SMA Negeri 1 Kota Blitar bisa lebih maju dan juga berprestasi baik itu dalam hal akademik atau non-akademik sehingga ke depannya bisa senantiasa menciptakan generasi yang berkualitas dan membanggakan.

Hormat Saya,

Susianah, S.Pd

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

source: Honeywell AIDC

Surat pengunduran diri karyawan kontrak ditujukan kepada Anda yang kebetulan sedang menjadi karyawan kontrak di perusahaan tertentu dan berkeinginan untuk mengajukan surat pengunduran diri. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri karyawan kontrak untuk dijadikan sebagai rujukan.

Jakarta, 12 September 2018

Kepada Yth.

Bapak Agung Setiadi

Direktur PT Berkah Jaya

Jl. Hatta, No. 34 Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Berdasarkan datangnya surat ini, saya Agung Setiadi bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT Berkah Jaya terhitung sejak 30 September 2018.

Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada saya dalam jangka waktu dua tahun ini. Dengan datangnya surat ini, saya juga memohon maaf kepada pihak perusahaan dan managemen yang jika selama saya bekerja di sini ada banyak kesalahan yang pernah saya lakukan, baik itu yang disengaja ataupun yang tak disenjaga.

Besar harapan saya bahwa ke depan PT Berkah Jaya bisa lebih maju dan berkembang. Serta bisa menjadi perusahaan terbaik di era mendatang.

Hormat Saya,

Agung Setiadi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

source: hitmlucknow.ac.in

Surat pengunduran diri sesungguhnya tidak sebatas untuk Anda yang bekerja. Menjadi salah seorang pengurus organisasi pun jika ingin mengundurkan diri dari jabatan yang sedang dimiliki, tentu saja tetap harus membuat surat pengunduran diri.

Dan surat pengunduran diri dari organisasi ini relatif berbeda dari surat pengunduran diri kerja. Namun, perbedaan tersebut hanya dari segi isi. Secara format dan susunan masih serupa. Untuk lebih jelasnya mengenai surat pengunduran diri dari organisasi, simak ulasan tentang surat pengunduran diri dari organisasi berikut ini.

Surat Pernyataan Pengunduran Dirin

Sebagai anggota di Dewan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Merdeka. Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama: Muhammad Faiz

Jabatan di DEMA: Depatemene Humas

Fakultas: Teknik

NIM: 1763982827

Alamat: Jl. Permai Indah, No, 23 Malang

Telp: 0897363526353

Dengan ini menyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari DEMA Universitas Merdeka terhitung sejak 12 Agustus 2018.Adapun alasan pengunduran diri tersebut adalah karena kondisi kesehatan yang masih terganggu sehingga perlu melakukan beberapa pengobatan.

Oleh sebab itu, supaya jalannya roda organisasi tetap terjaga, maka saya menyerahkan dengan sepenuhnya kepada Ketua DEMA untuk mencari pengganti posisi tersebut.Dan tak lupa saya memohon maaf jika selama menjabat di posisi tersebut banyak kesalahan yang pernah saya lakukan, baik itu kesalahan yang saya senjaga ataupun yang tidak saya senjaga.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Saya berharap ketua DEMA dan seluruh jajaran organisasi ini bisa memaklumi kondisi saya.Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Malang, 1 Agustus 2018

Yang Menyatakan,

Muhammad Faiz

Contoh Surat Resign Hotel

source: WeAreTeachers

Contoh selanjutnya dari surat pengunduran diri adalah surat resign hotel. Ini ditujukan untuk Anda yang kebetulan bekerja di hotel dan ingin keluar dari pekerjaan tersebut.Karena tentu saja ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memilih keluar dari pekerjaan hotel. Nah, bagi Anda yang ingin resign dari hotel sebaiknya melihat contoh surat resign hotel berikut ini.

Surabaya, 23 Mei 2018

Kepada Yth.

Kepala HRD

Hotel Mekar Indah

Jl. Patimura No 80 Surabaya

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama: AniaSubekti

Tempat, Tanggal Lahir: Surabaya, 23 Januari 1993

Alamat: Jl. Merdeka, No, 45 Surabaya

Jabatan: Customer Service

Dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri terhitung sejak tanggal 15 Juni 2018. Adapun alasan dari pengunduran diri saya adalah karena saya harus melanjutkan usaha yang sudah dirintis oleh pihak keluarga.

Seluruh tugas dan juga tanggung jawab saya sebagai seorang customer service akan saya jalankan dengan baik sampai masa pengunduran diri saya. Saya juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua jajaran pimpinan serta karyawan hotel.

Karena sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian di dalamnya dan telah membantu serta membimbing saya di dalam pekerjaan. Dan tak lupa ucapan maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak apabila selama saya bekerja di sini ada kesalahan yang pernah saya lakukan, baik yang disengaja ataupun yang tak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

AniaSubekti

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

source: Cosmo.ph

Selain beberapa contoh yang telah disebutkan di atas, contoh lain mengenai surat pengunduran diri adalah pengunduran diri dari jabatan. Ini ditujukan kepada Anda yang kebetulan memiliki jabatan di instansi atau perusahaan tertentu.

Dan ingin mengundurkan diri dari posisi tersebut. Surat pengunduran diri jenis ini tetap harus menggunakan bahasa yang resmi, baik dan benar. Berikut adalah contoh selengkapnya dari surat pengunduran diri dari jabatan tersebut.

Yogyakarta, 13 September 2018

Kepada Yth.

Prof.Dr. Ahmad Suhaji,PhD

Kepala UPT K2L UNK Yogyakarta

Di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya atas nama NailySa’adah bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan sebagai asisten laboratorium UPT K2L UBK, terhitung sejak tanggal 30 September 2018. Adapun alasan yang melatarbelakangi pengajuan surat pengunduran diri ini adalah karena pindah ke tempat kerja yang lain.

Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kesempatan berharga yang diberikan oleh kampus UBK selama ini.Dan juga bermaksud memohon maaf kepada semua karyawan serta jajaran managemen di UPT K2L UBK Yogyakarta apabila selama bekerja di sini terdapat banyak kesalahan dan kekhilafan yang pernah saya lakukan, entah itu yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Saya berharap UPT K2L UBK bisa senantiasa berkembang dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

NailySa’adah

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

source: Moneycontrol

Bekerja di bank memang kadang menjadi hal yang diinginkan banyak orang.Namun tidak menutup kemungkinan orang yang sudah bekerja di tempat tersebut ingin keluar dari pekerjaan karena berbagai alasan. Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk keluar dari Bank sebaiknya membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Agar pihak perusahaan benar-benar bisa menerima dan nama baik Anda juga senantiasa terjaga. Berikut contoh dari surat pengunduran diri dari bank yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Malang, 12 Oktober 2018

Kepadqa Yang Terhormat

Bapak Surya Setiawan

HRD Manager PT BCA Tbk.

KCU Malang

Jl. Anggrek, No. 23 Malang

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya bermaksud menyampaikan pengunduran diri sebagai salah seorang karyawan di Bank BCA Tbk, KCU Malang.

Nama: JokoSubandi

Alamat: Jl. Kartini, No. 32 Malang

Dengan ini mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak BCA yang etelah memberikan kesempatan emas untuk belajar serta bekerja di bank ini sebagai Admin Support selama kurang lebih tiga tahun.

Saya juga meminta maaf kepada seluruh jajaran managemen dan karyawan di BCA KCU Malang jika selama bekerja di sini ada banyak kesalahan dan kekhilafan yang pernah saya lakukan.Baik itu kesalahan yang disengaja ataupun yang tak disengaja.

Saya berharap, ke depan Bank BCA semakin bak dan semakin maju. Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian serta kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

JokoSubandi

Contoh Surat Resign Simple

source: Kudo

Bagi Anda yang tidak suka sesuatu yang rumit, maka ada surat resign simple yang bisa dijadikan pilihan. Surat resign simple ini ditujukan untuk Anda yang kebetulan bekerja di instansi tidak begitu ketat sehingga ada kebebasan pembuatan surat resign. Sekalipun suratnya relatif simple, namun surat resign simple ini tetap bersifat resmi. Berikut contoh selengkapnya mengenai contoh surat resign simple yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Blitar, 30 Mei 2018

Kepada Yth.

Ibu Maria Ulfa

HRD Manager PT Surya Buana

Di Blitar

Dengan Hormat,

Melalui datangnya surat ini, saya atas nama Faizin yang kini sedang bekerja sebagai Operator Mesin berkeinginan untuk mengundurkan diri dari PT Surya Buana terhitung sejak 15 Juni 2018.

Tidak lupa ucapan terima kasih saya sampaikan atas kesempatan berharga yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Surya Buana.Tidak lupa ucapan maaf kepada semua pihak PT Surya Buana apabila selama bekerja di sini saya melakukan kesalahan.

Semoga PT Surya Buana menjadi semakin sukses dan berkembang di masa mendatang.

Hormat Saya,

Faizin

Contoh Surat Resign Resmi

source: SDM Muda

Untuk contoh surat resign selanjutnya adalah contoh surat resign resmi. Surat resign resmi sangat penting untuk dipelajari karena mayoritas perusahaan atau instansi akan meminta surat resmi ketika Anda akan mengundurkan diri. Oleh karena itu, berikut ini contoh surat pengunduran diri resmi.

Sidoarjo, 24 September 2018

Kepada Yth.

Bapak Susanto

Direktur PT Sinar Abadi

Jl. Mawar, No. 12 Sidoarjo

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya sebagai salah satu karyawan di PT Sinar Abadi berdasar pada penjelasan dari Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan serta undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama: Arif Budiman

Departemen: Pemasaran

Jabatan: Sales

No. Karyawan: 12345

Bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan di PT Sinar Abadi karena ingin melanjutnya usaha keluarga di berbagai tempat.Surat ini dirancang berdasar pada prosedur hubungan industrial yang ada tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan tanpa adanya alasan sedikitpun.

Saya mengharapkan pihak managemen dapat memahami dan mengerti permohonan yang saya ajukan dan juga berkenan memberikan hal-hak sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya ajukan dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Arif Budiman

Contoh Surat Resign Perusahaan

source: theundercoverrecruiter.com

Contoh surat resign selanjutnya adalah contoh surat resign perusahaan. Anda yang kebetulan bekerja di perusahaan dan ingin mengajukan surat pengunduran diri, maka bisa mengacu kepada surat satu ini. Adapun untuk bahasa yang digunakan dalam surat resign perusahaan adalah bahasa yang formal, sopan dan baik supaya pihak perusahaan bisa benar-benar menerima pengajuan Anda. Adapun contoh surat pengunduran diri perusahaan adalah sebagai berikut.

Bogor, 12 Juni 2018

Kepada Yth.

Bapak Anggara Mukti MSI

Direktur PT Cipta karya

Di Bogor

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya Muhammad Antoni sebagai pekerja di bidang Operator Mesin di PT Cipta Karya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan terhitung sejak 30 Juni 2018.

Selanjutnya, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak di PT Cipta Karya yang telah memberikan kesempatan emas kepada saya untuk bekerja di perusahaan ini selama kurang lebih 3 tahun. Dan tak lupa permohonan maaf yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada seluruh jajaran di PT Cipta Karya atas semua kesalahan yang pernah saya perbuat selama bekerja di sini, baik itu yang disenjaga ataupun yang tak disenjaga.

Semoga PT Cipta Karya semakin baju dan berkembang serta berhasil menjadi perusahaan terbaik dunia di era mendatang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Antoni

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

source: monster.com

Berbeda dengan contoh-contoh yang telah disebutkan di atas, untuk contoh selanjutnya adalah contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan. Karena Anda masuk dan diterima perusahaan dengan baik-baik, maka saat keluar pun juga harus dengan baik-baik. Salah satu caranya adalah dengan mengajukan surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Untuk contohnya adalah sebagai berikut.

Bandung, 12 Juli 2018

Kepada Yth.

HRD Manager PT Nusantara Jaya

Di Bandung

Dengan Hormat,

Melalui datangnya surat ini, saya Cristina Sari sebagai karyawan Head Marketing di PT Nusantara Jaya bermaksud mengajukan pengunduran diri dari karyawan terhitung sejak 15 Agustus 2018.

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT Nusantara Jaya yang telah memberikan kesempatan berharga kepada saya untuk bekerja dan mencari pengalaman di perusahaan ini selama jangka waktu kurang lebih lima tahun. Dan dengan datangnya surat ini pula, saya memohon maaf yang tak terhingga. Kepada pihak PT Nusantara Jaya apabila selama bekerja di sini saya pernah melakukan suatu kesalahan, baik itu yang disenjaga ataupun yang tak disenjaga.

Semoga ke depannya PT Nusantara Jaya semakin maju dan berkembang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Cristina Sari

Contoh Surat Pengunduran Diri Mahasiswa

source: Security Magazine

Berbeda dengan beberapa contoh yang disebutkan di atas, untuk contoh surat pengunduran diri berikut ini adalah surat pengunduran diri dari mahasiswa. Surat pengunduran diri dari mahasiswa ini ditujukan untuk Anda yang kebetulan menjadi seorang mahasiswa di universitas tertentu dan ingin keluar dari universitas tersebut.

Surat pengunduran diri dari mahasiswa ini sangat penting untuk dibuat supaya nama baik Anda bisa tetap ada dan pihak universitas pun mendapat keterangan yang jelas terkait pengajuan pengunduran diri Anda. Nah, untuk contoh surat pengunduran diri mahasiswa yang baik dan benar bisa disimak berikut ini.

Semarang, 14 Agustus 2018

Kepada Yth.

Dekan Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Heru Setiawan

NIM: 12341736

Fakultas: Pendidikan

Jurusan: Pendidikan Bahasa Inggris

Bahwa saya mengajukan surat permohonan pengunduran diri sebagai mahasiswa Fakultas Pendidikan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Semarang tahun akademik 2018. Adapun alasan dari pengunduran diri saya adalah karena diterima sebagai mahasiswa di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerja samanya, saya sampaikan terima kasih.

Orang Tua/Wali

Abdul Halim

Demikianlah ulasan tentang contoh surat pengunduran diri yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran Anda. Dengan mengetahui cara membuat surat pengunduran diri, maka Anda yang akan mengundurkan diri dari instansi atau perusahaan tertentu akan dapat membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Dan tentu saja, nama baik Anda akan terangkat dengan menggunakan surat pengunduran diri yang sopan dan santun. Semoga berbagai macam contoh surat pengunduran diri pada artikel di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Dan semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik setelah keluar dari perusahaan lama Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *